Saat ini ada sebuah era baru yang muncul
dan itu disebut Kustomisasi Massal (Mass
Customization) yang membuat sebuah produk lebih variatif (High Variety) dengan harga murah (low price). Menurut Laudon (2010), Kustomisasi Massal (mass
customization) adalah
kemampuan untuk menawarkan produk atau jasa yang disesuaikan secara individu
dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama seperti mass production. Kustomisasi Massal (Mass Customization) dapat
menyesuaikan produk dengan cepat bagi nasabah maupun untuk pasar ceruk (niche), produksi efisiensi dari produksi
massal dan waktu produksi lebih cepat. Menggunakan prinsip yang sama, mass customization merupakan Build-to-Orde, produk yang disesuaikan
namun dapat diproduksi secara massal pula, (Chairia, 2012).
Ada
beberapa perusahan yang mengahdirkan era kustomisasi massal tersebut,
diantaranya Dell, FedEx, Cemex, dan Anderson Corp. Untuk perusahaan-perusahaan
ini menyajikan tahapan baru dalam hal kustomisasi massal yang memperkenalkan
nilai pengalaman kepada pelanggan mereka. Mereka mengidentifikasi kekurangan
yang ada diproduksi barang dan jasa, membedakan basis karakteristik individu
pelanggan mereka sehingga penawaran yang diberikan kepada pelanggan benar-benar
sesuai dengan keinginan pelanggan itu sendiri.
Seperti
halnya perusahaan Dell, mereka menawarkan kepada pelanggan yaitu komponen
elektronik seperti CPU dan chip memori, disk drives, USB ports, software, dan
sebagainya. Beberapa komponen tersebut memberikan kemudahan terhadap computer
yang dimiliki oleh para pelanggan yang semuanya menghubungkan komposisi dari
masing-masing computer dapat berbeda jauh dari pelanggan ke pelanggan lainnya.
Perusahaan
FedEx, mereka menghadirkan sesuatu yang unik, dimana mereka meyediakan layanan
pengiriman paket dalam 1 malam dengan biaya yang sangat murah. Sedangkan
perusahaan Cemex yang merupakan perusahaan beton terbesar di dunia yang
berpusat di Monterrey, Mexico, memberikan tawaran kepada pelanggan yaitu beton
siap pakai. Perusahaan Cemex benar-benar memperhatikan kualitas produk yang
ditawarkan kepada pelanggan dengan membuat beton bangunan dengan memperhatikan
kondisi cuaca di suatu Negara agar beton tersebut tahan lama, jadwal konstruksi
serta pengiriman beton tersebut tepat waktu sehingga pelanggan merasa puas.
Yang terakhir adalah perusahaan Anderson Corp yang berpusat di Bayport,
Minnesota. Perusahaan ini mengembangkan alat desain multimedia yang disebut
dengan jendela pengetahuan (The Window of
Knowledge). Perusahaan ini membantu para distributor untuk berkolaborasi
dengan konsumen untuk mendesian Window mereka sendri sehingga para pelanggan
dapat mendesian windownya sesuai dengan keinginan mereka sendiri seperti
tampilan video yang indah, membuat latar pemandangan yang bagus sehingga
membuat para pelanngan yang lain terkagum.
Berdasarkan
ke empat perusahaan diatas, mereka menggunakan dua pola pendekatan dalam Mass customization yaitu Customizers Adaptive dan Customizer
Transparan. Menurut Gilmor dan Joseph (1997), pendekatan Customizers Adaptive, yaitu manufactur menawarkan produk
standar, namun masih dapat disesuaikan. Produk dirancang dalam bentuk standar
tersebut dibuat sedemikan rupa sehingga pengguna masih dapat mengubahnya
sendiri. Sedangkan Customizer
Transparan, menyediakan
pelanggan dengan produk/layanan unik tanpa membiarkan mereka mengetahui secara
eksplisit bahwa produk-produk dan jasa telah disesuaikan untuk mereka.
Pendekatan transparan untuk kustomisasi tepat ketika kebutuhan spesifik
pelanggan dapat diprediksi dengan mudah atau dapat disimpulkan dan terutama
ketika pelanggan menyatakan kebutuhan mereka berulang kali.
Seluruh perusahaan ini menyadari
kebutuhan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan. Dalam
keinginan perusahaan untuk memenuhi keinginan pelanggan, mendorong banyak
perusahaan terpaksa menciptakan program-program baru dan prosedur untuk
memenuhi setiap permintaan pelanggan. Dalam melakukan Mass Custimization, bagaimana perusahaan memberikan nilai yang
unik/nilai tambah suatu produk sesuai keinginan pelanggan namun dengan cara
yang efisien.
DAFTAR PUSTAKA
Chairia,
Delfi. 2012. Mass
Customization: Pengertian Dan Pendekatan. Diakses 26 Mei 2015. URL: http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2012/10/13/mass-customization-pengertian-dan-pendekatan-500903.html
Gilmore, James H dan Pine II B. Joseph. 1997.
“The Four Faces of Mass Customization”. Harvard Business Review; Vol 5 Issue 1
page 91 – 101 Jan/Feb 1997. United States.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar