Selasa, 26 Mei 2015

KUSTOMISASI MASSAL (MASS CUSTOMIZATION)

Saat ini ada sebuah era baru yang muncul dan itu disebut Kustomisasi Massal (Mass Customization) yang membuat sebuah produk lebih variatif (High Variety) dengan harga murah (low price). Menurut Laudon (2010), Kustomisasi Massal (mass customization) adalah kemampuan untuk menawarkan produk atau jasa yang disesuaikan secara individu dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama seperti mass production. Kustomisasi Massal (Mass Customization) dapat menyesuaikan produk dengan cepat bagi nasabah maupun untuk pasar ceruk (niche), produksi efisiensi dari produksi massal dan waktu produksi lebih cepat. Menggunakan prinsip yang sama, mass customization merupakan Build-to-Orde, produk yang disesuaikan namun dapat diproduksi secara massal pula, (Chairia, 2012).
            Ada beberapa perusahan yang mengahdirkan era kustomisasi massal tersebut, diantaranya Dell, FedEx, Cemex, dan Anderson Corp. Untuk perusahaan-perusahaan ini menyajikan tahapan baru dalam hal kustomisasi massal yang memperkenalkan nilai pengalaman kepada pelanggan mereka. Mereka mengidentifikasi kekurangan yang ada diproduksi barang dan jasa, membedakan basis karakteristik individu pelanggan mereka sehingga penawaran yang diberikan kepada pelanggan benar-benar sesuai dengan keinginan pelanggan itu sendiri.
            Seperti halnya perusahaan Dell, mereka menawarkan kepada pelanggan yaitu komponen elektronik seperti CPU dan chip memori, disk drives, USB ports, software, dan sebagainya. Beberapa komponen tersebut memberikan kemudahan terhadap computer yang dimiliki oleh para pelanggan yang semuanya menghubungkan komposisi dari masing-masing computer dapat berbeda jauh dari pelanggan ke pelanggan lainnya.
            Perusahaan FedEx, mereka menghadirkan sesuatu yang unik, dimana mereka meyediakan layanan pengiriman paket dalam 1 malam dengan biaya yang sangat murah. Sedangkan perusahaan Cemex yang merupakan perusahaan beton terbesar di dunia yang berpusat di Monterrey, Mexico, memberikan tawaran kepada pelanggan yaitu beton siap pakai. Perusahaan Cemex benar-benar memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan kepada pelanggan dengan membuat beton bangunan dengan memperhatikan kondisi cuaca di suatu Negara agar beton tersebut tahan lama, jadwal konstruksi serta pengiriman beton tersebut tepat waktu sehingga pelanggan merasa puas. Yang terakhir adalah perusahaan Anderson Corp yang berpusat di Bayport, Minnesota. Perusahaan ini mengembangkan alat desain multimedia yang disebut dengan jendela pengetahuan (The Window of Knowledge). Perusahaan ini membantu para distributor untuk berkolaborasi dengan konsumen untuk mendesian Window mereka sendri sehingga para pelanggan dapat mendesian windownya sesuai dengan keinginan mereka sendiri seperti tampilan video yang indah, membuat latar pemandangan yang bagus sehingga membuat para pelanngan yang lain terkagum.
            Berdasarkan ke empat perusahaan diatas, mereka menggunakan dua pola pendekatan dalam Mass customization  yaitu Customizers Adaptive dan Customizer Transparan. Menurut Gilmor dan Joseph (1997), pendekatan Customizers Adaptive, yaitu manufactur menawarkan produk standar, namun masih dapat disesuaikan. Produk dirancang dalam bentuk standar tersebut dibuat sedemikan rupa sehingga pengguna masih dapat mengubahnya sendiri. Sedangkan Customizer Transparan, menyediakan pelanggan dengan produk/layanan unik tanpa membiarkan mereka mengetahui secara eksplisit bahwa produk-produk dan jasa telah disesuaikan untuk mereka. Pendekatan transparan untuk kustomisasi tepat ketika kebutuhan spesifik pelanggan dapat diprediksi dengan mudah atau dapat disimpulkan dan terutama ketika pelanggan menyatakan kebutuhan mereka berulang kali. 
            Seluruh perusahaan ini menyadari kebutuhan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan. Dalam keinginan perusahaan untuk memenuhi keinginan pelanggan, mendorong banyak perusahaan terpaksa menciptakan program-program baru dan prosedur untuk memenuhi setiap permintaan pelanggan. Dalam melakukan Mass Custimization, bagaimana perusahaan memberikan nilai yang unik/nilai tambah suatu produk sesuai keinginan pelanggan namun dengan cara yang efisien.





DAFTAR PUSTAKA

Chairia, Delfi. 2012. Mass Customization: Pengertian Dan Pendekatan. Diakses 26 Mei 2015. URL: http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2012/10/13/mass-customization-pengertian-dan-pendekatan-500903.html


Gilmore, James H dan Pine II B. Joseph. 1997. “The Four Faces of Mass Customization”. Harvard Business Review; Vol 5 Issue 1 page 91 – 101 Jan/Feb 1997. United States.

Laudon, Kenneth dan Laudon, Jane. 2010. Management Information System. Pearson Education, United States

Tidak ada komentar:

Posting Komentar